BOS 2012 : Kebutuhan Buku Mata Pelajaran Siswa Harus Terpenuhi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketersediaan buku mata pelajaran harus terpenuhi di tahun 2012. Anggarannya bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

BOS 2012 : Kebutuhan Buku Mata Pelajaran Siswa Harus Terpenuhi


Hal itu diungkapkan anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rohmani, di Jakarta, Selasa (27/12/2012).

Ia mengatakan, tahun 2011 ini persoalan buku ini hampir terjadi di setiap daerah. BOS yang dikeluarkan pemerintah belum bisa menjawab ketersediaan buku mata pelajaran secara merata.

Persoalan keterjangkauan buku, hampir merata terjadi di setiap daerah. Wajar, terjadi keresahan di masyarakat karena pemerintah sudah menjanjikan sekolah gratis. Sementara kenyataannya persoalan ketersediaan buku belum teratasi.

Di lapangan, Rohmani mengaku menemui persoalan tersebut. Yakni, masih banyak siswa yang kesulitan memperoleh buku mata pelajaran atau buku lembar kerja siswa (LKS).

Keluhan persoalan mahalnya buku masih sering saya dengar ketika reses ke daerah. Para orang tua masih mengeluhkan betapa harga buku masih mahal, kata Rohmani.

Seharusnya hal tersebut tidak terjadi lagi, jika pemerintah tegas menerapkan peraturan yakni terutama pada tata kelola penggunaan BOS.

Misalnya, buku mata pelajaran tidak harus dibeli setiap tahun. Pihak sekolah cukup melengkapi kolesi buku-buku di perpustakaan. Untuk buku-buku tertentu, jenisnya tidak harus diganti setiap tahun.

Sekolah juga harus memperbaiki manajemennya. Terutama sistem pengelolaan perpustakaan sekolah. Untuk buku-buku ilmu pasti, tidak harus diganti setiap tahun......................

Sumber: Kompas.Com
Berita Lengkap: http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/27/14220267/Kebutuhan.Buku.Mata.Pelajaran.Siswa.Harus.Terpenuhi

Subscribe to receive free email updates: