Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2021 / 2022

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2021 / 2022


Mengenal Sarana Dan Prasarana Di SMPN 3 Mojogedang


SMP NEGER 3 Mojogedang memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah maupun dalam mengembangkan bakat di bidang seni dan olahraga.
Sarana yang di miliki antara lain adalah sebagai berikut :


1. Ruang Kelas Teori

Ruang teori merupakan ruang kelas yang digunakan siswa dalam proses belajar mengajar bersama guru pembimbing khusus untuk hal - hal yang bersifat teori saja, ini mencakup ruang kelas sebagai tempat menerima materi, melaksanakan diskusi, mengerjakan tugas dan ujian tertulis terkait mata pelajaran yang sudah dijadwalkan sesuai kurikulum yang berlaku.

Ruang Teori terdiri dari 15 ruang yang ditempati oleh 15 rombel dengan masing - masing rombel berisi 32 siswa.

Adapun fasilitas yang disediakan dalam ruang teori antara lain adalah perabot lengkap, meja dan kursi perseorangan, kipas angin dan dilengkapi perangkat LCD Proyektor pada setiap kelasnya.

Berikut adalah pembagian ruang yang ada di SMPN 3 Mojogedang


  1. Ruang Kelas 7A 
  2. Ruang Kelas 7B
  3. Ruang Kelas 7C
  4. Ruang Kelas 7D
  5. Ruang Kelas 7E
  6. Ruang Kelas 8A
  7. Ruang Kelas 8B
  8. Ruang Kelas 8C
  9. Ruang Kelas 8D
  10. Ruang Kelas 8E
  11. Ruang Kelas 9A
  12. Ruang Kelas 9B
  13. Ruang Kelas 9C
  14. Ruang Kelas 9D
  15. Ruang Kelas 9E



2. Ruang Kelas Praktek

Ruang Praktek adalah ruangan yang digunakan oleh siswa dan guru untuk melakukan kegiatan praktek sesuai teori pembelajaran yang disampaikan oleh guru mata pelajaran.

Pada setiap ruang praktek dipandu oleh guru pembimbing di bawah Kepala Laboratorium Lab yang saat ini di delegasikan kepada beliau Bapak Ngatimin, S.Pd., dan seorang Laboran SMPN 3 Mojogedang yaitu Bapak Sugeng Riyadi, SE.

Adapun Ruang Kelas Praktek yang ada di SMPN 3 Mojogedang adalah sebagai berikut :


  1. Ruang Laboratorium IPA
  2. Ruang Laboratorium Komputer
  3. Ruang Laboratorium Bahasa
  4. Ruang Keterampilan
  5. Ruang Kesenian.



3. Ruang Perpustakaan


Perpustakaan selain menjadi ruang belajar mandiri siswa juga di gunakan sebagai ruang informasi guru dan siswa. Hal ini mencakup proses dokumentasi, penelusuran literatur, pelaksana program literasi termasuk produksi materi pembelajaran bekerja sama dengan Tim IT. Hal ini adalah perwujudan dari rangkaian dalam mendukung pelaksanaan kurikulum yang sudah ditetapkan oleh SMPN 3 Mojogedang

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2020 / 2021


Untuk kelancaran fungsinya Perpustakaan SMPN 3 Mojogedang dipimpin oleh seorang Kepala Perpustakaan yang saat ini di delegasikan kepada beliau Bapak Suwarno, S.Pd., dengan membawahi  seorang Pustakawan yang saat ini di amanahkan kepada Bapak Heri Sujadi, S.I.Pust dan Ibu Sri Lestari, SE., sebagai Staff Bagian Administrasi Perpustakaan.

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2020 / 2021
Produksi Media


Semua buku pegangan guru dan siswa di kelola penuh oleh Perpustakaan dan di sediakan pula ruang referensi yang dapat melayani warga sekolah setiap saat pada jam sekolah.

Untuk mendukung kenyamanan pengguna perpustakaan (pemustaka), ruang perpustakaan juga didukung dengan fasilitas internet bagi siswa dan guru, serta dilengkapi dengan ruangan ber AC.


4. Ruang Guru (Kantor Guru)

Ruang guru adalah ruangan khusus yang diperuntukkan bagi Guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran, istirahat dan diskusi sesama Guru.


Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2020 / 2021


Untuk saat ini Ruang Guru digunakan juga untuk berbagai pertemuan tertutup / rapat terbatas dalam membahas isu - isu strategis dan perumusan strategi pembelajaran. Termasuk didalam nya adalah ruangan untuk Wakil Kepala Sekolah.

5. Ruang Tata Usaha ( TU)

Ruang Tata Usaha atau Ruang TU adalah ruang yang melayani semua administrasi baik terkait kesiswaan termasuk layanan publik.
Didalamnya telah dibagi menjadi beberapa sub bagian sesuai tugas poko yang di amanatkan. 

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2020 / 2021


Berikut adalah bagian tugas pokok dan pelayanan yang ada di SMPN 3 Mojogedang beserta yang menjabat :
Staff Bagian Administrasi Umum : Bapak Gatot Triyanto, SE.,
Staff Bagian Bendahara 1 : Ibu Sri Wahyuni, SE.,
Staff Bagian Bendahara 2 : Ibu Urip Aminah, A.Md.,
Staff Bagian Aset Dan Sarpras : Ibu Ngatini
Staff Bagian Kesiswaan : Bapak Sugeng Riyadi, SE.,
Staff Bagian Surat Menyurat dan Kearsipan : Ibu Indarti Sulistyorini
Staff Bagian Keamanan Dan Kebersihan : Bapak Giman dan Bapak Sunarno

6. Ruang Kepala Sekolah

Ruang Kepala Sekolah adalah ruang yang khusus digunakan oleh Kepala Sekolah untuk menjalankan tugas pokok dalam aktifitas managerial.



7. Ruang Tamu

Ruang Tamu adalah ruang yang diperuntukkan bagi tamu baik yang bersifat kedinasan maupun umum. 
Setiap tamu yang datang kesekolah dan bersifat resmi wajib mengisi daftar hadir buku tamu yang sudah di sediakan berikut maksud dan tujuan.

8. Ruang OSIS

Ruang OSIS adalah ruangan yang digunakan oleh pengurus OSIS dalam aktifitas koordinasi antar pengurus OSIS termasuk penyelenggaraan administrasinya.

9. Ruang UKS

SMPN 3 Mojogedang juga memiliki ruang khusus dalam rangka menunjang kegiatan program kesehatan sekolah melalui ekstra PMR dan menyediakan rang UKS untuk aktifitas kesehariannya.

10. Taman Dalam

Merupakan bangunan sekolah yang bertujuan untuk memperindah sekolah, terdiri dari kolam ikan dan taman bunga dengan arsitektur alam.

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2020 / 2021



11. Halaman Luar

Halaman Luar adalah halaman yang digunakan untuk upacara bendera, kegiatan ekstra dan acara - acara berskala besar lainnya.
Halaman luar merupakan halaman bagian depan sekolah berada satu lokasi dengan lahan parkir dan Mushola.

Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2020 / 2021



12. Halaman Dalam

SMPN 3 Mojogedang memiliki halaman yang berada di dalam sekolah tepatnya didepan pintu masuk sekolah. Pada awal pembangunan sekolah halaman ini digunakan sebagai tempat upacara bendera, akan tetapi dengan bertambahnya siswa dan gedung maka tempat ini hanya digunakan untuk aktivitas pembelajaran luar ruang dan lahan terbuka hijau.


Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2020 / 2021

13. Green House

Green House SMPN 3 Mojogedang terdiri dari tanaman bunga dan tanaman obat - obatan. Menjadi sub bagian dari pengelolaan guru dan siswa dalam mendukung Program Adiwiyata.



14. Toilet

Toilet terdiri dari 15 toilet siswa, 2 toilet guru, dan 1 toilet kepala sekolah dan tamu. Untuk pengelolaan kebersihan toilet saat ini diterapkan pengelolaan oleh masing - masing kelas disamping petugas kebersihan sekolah.


15. Kantin

Untuk mendukung program sekolah terutama adiwiyata, kantin di SMPN 3 Mojogedang di haruskan makanan yang sehat dan bersih. Selain itu juga di usahakan seminimal mungkin dalam penggunaan sampah non organik. Wajib menggunakan gelas dalam menjual minuman, menutup makanan dan menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan air bersih dan sabunnya.

Demikian Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Hari Ketiga (3) SMPN 3 Mojogedang Tahun 2021 / 2022 dengan tema pengenalan sarana dan prasarana sekolah.

Untuk lebih detail mengenai sarana dan prasarana ini akan kami tampilkan dalam video yang akan ditayangkan dalam channel youtube sekolah yaitu Official SMP Negeri 3 Mojogedang, silahkan simak videonya. Silahkan Subscribe untuk mengikuti.

Dan untuk menutup kegiatan MPLS pada hari ketiga / terakhir ini akan kami berikan post test yang harus di kerjakan oleh siswa dengan mengisi daftar hadir dan biodata terlebih dahulu.

Berikut adalah post test yang harus dikerjakan oleh calon siswa kelas 7 SMPN 3 Mojogedang tahun pelajaran 2021 / 2022.

Subscribe to receive free email updates: