Integrasi Teknologi di Lingkungan Pendidikan

Integrasi Teknologi di Lingkungan Pendidikan - Masa depan sistem pendidikan secara praktis ditentukan oleh perkembangan teknologi. Beberapa pendidik dan ahli menentang trend penerapan alat dan aplikasi EdTech (education technology) pada bidang pendidikan terutama di sekolah, terutama karena adanya beberapa pendapat bahwa teknologi merupakan salah satu sumber gangguan bagi siswa. 

Integrasi Teknologi di Lingkungan Pendidikan


Namun, sebenarnya integrasi teknologi yang tepat dapat membantu siswa menuju pemahaman yang lebih baik dari semua konsep yang diterapkan didalam kelas.

Strategi pengajaran yang didasarkan pada teknologi pendidikan dapat digambarkan sebagai praktik etis yang memfasilitasi pembelajaran siswa dan meningkatkan kapasitas, produktivitas, dan kinerja mereka. Integrasi teknologi dalam pendidikan menginspirasi perubahan positif dalam metode pengajaran di tingkat internasional. 

Jika anda seorang guru dan merasa ragu untuk mengimplementasikan teknologi di ruang kelas, sebaiknya anda simak beberapa alasan yang mungkin akan merubah pendapat anda sebagai pengajar dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi. 

Pertama : Teknologi memungkinkan metode pembelajaran yang lebih mudah dimengerti

Ketika anda merasa lelah memberikan penjelasan secara teori, namun siswa tetap saja belum dapat memahami, teknologi akan memudahkan anda dalam membantu memberikan gambaran real sehingga lebih mudah dipahami siswa. Dan ketika literatur kita terbatas, sedangkan kita butuh lebih banyak konsep untuk menerangkan kepada siswa kita. Teknologi dapat menjawabnya.

Kedua : Teknologi dapat membantu kita mengontrol kemajuan siswa

Jika kita mengandalkan catatan harian yang berupa buku kemajuan siswa yang mungkin semakin lama semakin tebal dan memberatkan, kita cukup memanfaatkan teknologi terkait itu untuk menggantikan catatan harian kita, mudah bukan ? Kita juga tidak perlu bingung lagi menghitung manual catatan kemajuan siswa kita, karena sudah ada teknologi yang mengakomodir catatan kemajuan siswa secara individu ataupun kelompok. Selain itu catatan ini pun dapat kita komunikasikan dengan orang tua siswa secara real time.

Ketiga : Teknologi lebih efektif dan efisien serta ramah lingkungan 

Bayangkan jika penggunaan buku – buku teks pelajaran yang tebal itu dapat kita substitusi dengan buku – buku yang berformat digital, maka secara ruang pastinya akan sangat memberi ruang yang luar biasa dan dari sisi materi jelas akan menghemat penggunaan kayu sebagai bahan pembuat kertas itu sendiri. Dan ini artinya kita sudah menyelamatkan berapa ribu hektar pohon dalam setiap tahunnya hanya untuk buku yang sebenarnya dapat kita gantikan dengan e-book.

Hal  ini memang tidak mudah karena terkait dengan sarana dan prasarana pendukung yang tidak murah juga tentunya, akan tetapi ketika anda sudah memulai dari ruang kelas anda tentu segala sesuatu akan terlihat mudah dalam memulainya.

Misalnya, Anda dapat menginstruksikan siswa Anda untuk mengikuti tes secara online dan menyerahkan makalah atau pekerjaan rumah mereka melalui email. Anda juga dapat mengajarkan mereka untuk menggunakan eReaders untuk membaca literatur – literatur yang anda ajarkan.

Keempat : Teknologi juga memungkinkan penerapan metode pembelajaran jarak jauh 

Dengan internet, anak didik kita bisa mendapatkan akses ke semua jenis informasi pada saat itu juga ketika mereka sedang memikirkannya. Saat ini, pembelajaran jarak jauh adalah salah satu metode pembelajaran yang paling trending. Pelajaran virtual secara perlahan menggantikan pembelajaran konvensional yang mengharuskan waktu dan tempat terbatas. Bahkan jika kita lihat sistem ujian nasional pun saat ini sudah menerapkan sistem ujian berbasis komputer, yang artinya sudah mulai beralih dari ujian berbasis kertas.


Sumber asli artikel berikut adalah : Heri Sujadi's Blog

Subscribe to receive free email updates: