Keuntungan dan Kerugian Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan

Keuntungan dan Kerugian Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan - Kemajuan teknologi telah menjadikan dunia tempat yang hebat dan nyaman untuk ditinggali. Tidak dapat disangkal bagaimana mereka membuat hidup lebih baik dan lebih mudah, terutama di bidang sains, kedokteran, dan pendidikan. Tetapi, seperti kebanyakan hal, teknologi juga memiliki kelemahan. Bahkan, beberapa penemuan dikategorikan sebagai alat bantu malas, dan dianggap sebagai kontributor utama obesitas dan populasi yang umumnya tidak sehat.
Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan

Keuntungan dan Kerugian Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan


Dapatkah kemajuan teknologi ini digunakan di kelas? Alat, seperti komputer, perangkat seluler, dan internet, sekarang diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan, sebut saja sistem ujian berbasis internet melalui website sekolah, diskusi melalui jejaring sosial dan komunitas belajar online lainnya. Yang demikian itu merupakan salah satu contoh penerapan yang baik dari penggunaan kemajuan teknologi.

Namun demikian tentu tidak dapat menggantikan peran aktif guru dikelas sebagaimana pembelajaran tatap muka, karena bagaimanapun canggih kemajuan teknologi ini tidak akan pernah memiliki perasaan sebagaimana seorang pendidik. 
Pemanfaatan kemajuan teknologi pada pendidikan sebaiknya digunakan sebagai penyeimbang, dengan menerapkan pembelajaran yang berbasis internet dan perangkat terkini semisal smartphone maka pembelajaran akan terkesan menyenangkan dan canggih. Meskipun tema dari pembelajaran mungkin adalah sama saja dengan ketika mengajar dengan cara konvensional.

Internet adalah harta karun informasi. Praktis apa pun yang perlu Anda ketahui dapat ditemukan secara online. Meskipun ada pertanyaan tentang kredibilitas sumber dan data yang diberikan, masih dapat berfungsi sebagai sumber daya pendidikan bagi siswa. Bahkan tanpa bantuan dari orang tua dan guru, siswa dapat melihat pelajaran mereka secara online.

Tidak seperti buku teks biasa, buku elektronik dan konten berbasis web diperbarui secara real time, memberikan siswa informasi terkini dengan segala kemudahan cara memperoleh, membantu mereka menjadi lebih berpengetahuan secara mandiri tanpa batasan harus berada di ruang kelas.

Apakah Keuntungan dan Kerugian Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan?
Dari sisi materi jelas bahwa semua sumber pengetahuan yang berupa buku saat ini sudah banyak yang beralih menjadi format digital. Hal ini berarti berpotensi menurunkan harga buku pelajaran secara fisik dan biaya sekolah secara umum.

Dengan sumber daya yang lebih mudah diakses dan sangat banyak, biaya buku teks cenderung menurun. Mungkin juga siswa tidak perlu lagi membeli buku teks, jika itu dikonversi ke format digital. Buku-buku yang sebenarnya dapat tinggal di kelas, sementara kontennya disimpan di komputer siswa atau diperangkat smartphone mereka.

Mendorong pengembangan metode pembelajaran yang inovatif
Bayangkan, daripada menghabiskan satu jam pelajaran atau bahkan lebih berbicara dan menyuruh siswa mendengarkan, atau meminta mereka membaca seluruh bab dalam suasana kelas, guru dan profesor sekarang memilih untuk menggunakan metode pengajaran secara menyenangkan, seperti  blog dan media sosial. Atau pendidik dapat berinovasi dengan pembelajaran dalam bentuk diskusi, sehingga lebih interaktif. 

Teknologi menghadirkan alat universal yang memungkinkan guru untuk mendidik semua jenis siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Sebagai contoh teknologi pengenalan suara, konverter teks-ke-suara, penerjemah, kontrol volume, perangkat lunak prediksi kata, dan teknologi bantuan lainnya.

Teknologi juga mampu menciptakan beberapa bentuk simulasi manusia seperti robotik yang dapat diterapkan dalam menggantikan fungsi kegiatan manusia secara umum.
Mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi implementasi yang tepat dapat membantu mengatasi kelemahan perndidik sekecil mungkin dalam pembelajaran. Karenanya penerapan teknologi dalam pendidikan memerlukan perencanaan yang baik dan matang dari semua sisi, baik kajian sebelum sampai akibat yang ditimbulkan. 

Demikianlah Artikel Tentang keuntungan dan kerugian atas kemajuan teknologi dalam pendidikan semoga bermanfaat.

Sumber asli artikel berikut adalah : Heri Sujadi's Blog

Subscribe to receive free email updates: