Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Cap Tiga Jari Bagi Kelas IX Tahun Pelajaran 2019 / 2020

Dengan ini disampaikan kepada siswa dan siswi yang lulus tahun pelajaran 2019 / 2020 untuk dapat hadir di sekolah guna melaksanakan cap tiga jari pada ijasah.

Sekilas mengenai cap tiga jari

Cap tiga jari adalah kegiatan memberikan tanda tiga jari (jari manis, tengah dan telunjuk) kiri dengan tinta pada bagian ijasah yang sudah ditentukan. Ketentuan tersebut diantaranya adalah bahwa tinta jari tidak boleh menutupi bagian wajah foto siswa / siswi.

Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Cap Tiga Jari Bagi Kelas IX Tahun Pelajaran 2019 / 2020

Mengapa cap tiga jari harus tangan kiri ?

Sampai saat ini sidik jari atau gurat pada setiap jari manusia dianggap sebagai identitas yang valid karena setiap manusia memiliki tanda gurat yang berbeda sekalipun anak yang terlahir kembar. Guratan tersebut juga memiliki struktur yang tidak berubah sejak dari kecil sampai dewasa, maka dari itu sidik jari atau tanda guratan jari tersebut dapat dijadikan sebagai identitas yang valid.

Karena ijasah adalah salah satu dokumen pribadi yang sangat penting maka wajar jika diberikan identitas berupa tanda kepemilikan yang harus benar - benar dapat dipertanggung jawabkan.

Mengenai kenapa harus tangan kiri, ini dikarenakan tangan kiri dianggap memiliki aktivitas yang lebih ringan dan sedikit resiko tergores atau hal - hal yang menyebabkan berubahnya guratan karena luka. 

Dan berikut jadwal cap tiga jari bagi siswa lulusan tahun 2019 / 2020.

JADWAL PELAKSAAAN CAP TIGA JARI KELAS IX

TAHUN PELAJARAN 2019/2020



Informasi tambahan :
1. Tempat di ruang kelas IX A, B, C, D, E sesuai saat kelas IX.
2. Siswa masuk berpakaian bebas, rapi, sopan, bersepatu dan memakai masker.

Demikian pengumuman sekaligus informasi mengenai cap tiga jari dan jadwal pelaksanaan nya untuk tahun ini. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: